PBK dalam Teknologi Pembelajaran

PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER

DALAM TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

 

  1. PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER

Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) adalah aplikasi komputer sebagai bagian integral dalam sistem pembelajaran terhadap proses belajar dan mengajar yang bertujuan membantu siswa dalam belajarnya bisa melalui pola interaksi dua arah melalui terminal komputer maupun multi arah yang diperluas melalui jaringan komputer (baik lokal maupun global) dan juga diperluas fungsinya melalui interface (antar muka) multimedia (Emithu, 2010).

Sistem komputer menyajikan serangkaian program pengajaran kepada anak didik baik berupa informasi maupun latihan soal-soal untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu dan pebelajar melakukan aktivitas belajar dengan cara berinteraksi dengan sistem komputer.

  1. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Teknologi pendidikan atau teknologi pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan serta evaluasi proses dan sumber untuk belajar yang merupakan sesuatu proses yang kompleks, dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan untuk mengatasi permasalahan dalam pendidikan. Permasalahan pendidikan yang dirasakan saat ini meliputi pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, peningkatan mutu/kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan.

Teknologi Pembelajaran seringkali didefinisikan sebagai penerapan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dalam menyelesaikan permasalahan belajar,ini merupakan suatu pandangan bahwa ilmu dan teknologi tidak terpisahkan.

Terdapat tiga prinsip dasar dalam teknologi pendidikan sebagai acuan dalam pengembangan dan pemanfaatannya, yaitu : pendekatan sistem, berorientasi pada mahasiswa, dan pemanfaatan sumber belajar. Dalam hal ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai : fasilitator, motivator, transmiter, dan evaluator.

  1. PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER DALAM TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Teknologi berbasis komputer merupakan cara untuk menghasilkan  atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis komputer. Berbagai aplikasi teknologi berbasis komputer dalam pembelajaran umumnya dikenal sebagai Computer Asissted Instruction (CAI). Aplikasi untuk membantu siswa dalam menguasai materi yang telah dipelajari sebelumnya dan keterampilan yang baru dipelajari dan basis data (sumber yang dapat membantu siswa menambah informasi dan pengetahuan sesuai dengan keinginan masing-masing).

Dalam bidang pendidikan, penggunaan teknologi berbasis komputer merupakan cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis komputer, dimana informasi atau materi yang disampaikan disimpan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk cetakan atau visual.

  1. KESIMPULAN

Peran Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) dalam teknologi pembelajaran adalah suatu media atau alat bantu proses pembelajaran. Dalam hal itu, teknologi dimaksudkan sebagai bahan pembelajaran sekaligus alat bantu untuk menguasai suatu kompetensi dengan bantuan komputer. Komputer telah diprogram sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat dibimbing secara efektif sehingga dapat menguasai kompetensi dengan waktu yang diharapkan dan hasil yang membanggakan. Posisi teknologi  tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai fasilitator, motivator, transmiter, dan evaluator. Jadi Pembelajaran Berbantuan Komputer merupakan hasil improvisasi pemanfaatan sebuah teknologi dalam hal pendidikan atau pembelajaran.

Tentang sumberbelajarangga

I will get a suscces man . .
Pos ini dipublikasikan di Tugas. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s